Kamis, 20 Agustus 2015

Membuat Logo TIK

Tidak usah basa basi ya karena kalian semua udah cukup mengenal apa itu COREL DRAW, nah sekarang saya akan membahas bagaimana cara membuat logo TIK yg kini di tugaskan di sekolah. saya membuatnya menggunakan COREL DRAW X7, => ( untuk corel yang lain juga bisa ).




1. buka aplikasi Corel Drawnya, ( INGAT : SETELAH SELESAI MEMBUAT SESUATU LANGSUNG KLIK PICK TOLLS).


2. Buat sebuah lingkaran menggunakan ellipse tools atau dengan menekan F7. Pada saat membuat lingkaran sambil menekan Ctrl agar lingkaran simetri. KemudiaN klik pick tools.



3. Copy menjadi 3 Lingkaran dengan menekan CTRL + C , lalu CTRL + V. Perkecil ukuran linkaran yg sudah dicopy dengan cara klik sambil memekan shift lalu perkecil ( geser kedalam ).




4. agar mempermudah dalam mengerjakan, mari kita warnai terlebih dahulu, klik garis lingkaran paling luar lalu pilih warna (30% BLACK). lalu klik garis lingkaran paling dalam dan pilih warna putih.

5. Kemudian klik garis lingkaran luar lalu ganti outlines nya menjadi 8.0 pt. kemudian klik garis lingkaran tengah dengan outlines 8.0 pt. dan ganti outlines lingkaran palinga dalam menjadi 4.0 pt ( INGAT! GARISNYA YANG DI KLIK).


6. klik pick tool, lalu blok semuanya dengan CTRL + A. kemudian tekan dan tahan titik paling kanan  (lihat tanda hijau di gambar di bawah) lalu geser ke samping kanan supaya membentuk oval seperti gambar berikut.


7. nah ini yg sdikit sulit. yaitu membuat gambar komputer bersama latar belakangnya. awalnya kita buat latar dulu, buat 4 lingkaran dan di tumpuk menggunakan ellipse tool. lalu klik pick tools >> CTRL + A >> CTRL + G (Group Object).


8. kemudian klik kiri pada warna ( 20% BLACK ) dan klik kanan pada warna di atas hitam pekat untuk menghilangkan outlines nya.


9. untuk gambar komputernya kita buat sendiri menggunakan rectangle tool (F6) kemudian klik shapes untuk membentuk monitornya (seperti pada logo Indosiar) dan copy menjadi 2 bagian ( salah satunya kecil). lalu klik lagi rectangle tool untuk membuat sebuah keyboard (warna hitam) dan membuat meja nya. untuk lebih jelas lihat gambar berikut dengan seksama.










10. Kemudian blok object komputernya ( hanya komputer) lalu klik kanan plih group object atau tekan CTRL + G.


11. Lalu pilih/ganti ketebalannya menjadi 8.0 pt seperti gambar.


12. lalu kita pindah kan object latar ( tahap no.8) dan juga object komputernya ke tengah" lingkaran yg awal kita buat. 


13. Lalu tambahkan tulisan di samping lingkarannya dengan menggunakan ( TEXT TOOL/F8 ) tuliskan "TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI" dan " ICT 2009 - 2010" secara terpisah dan menggunakan font "ARIAL BLACK". 

14. klik tulisan "TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI" dan klik 'text' di menu bar kemudian pilih 'fit text to path'.


sehingga jadi seperti ini ( ukuran Menyesuaikan )



15. klik tulisan " ICT 2009 - 2010" dan ikuti tahap no 14. tapi disini tulisannya akan terbalik, nah selanjutnya pilih ikon gambar yg ada di property Bar ( Lihat tanda gambar ), klik icon 'Mirror text horizontally' kemudian klik icon 'Mirror Text Vertically' sebelahnya.


lalu sesuaikan ukurannya


16. dan yg terakhir pilih 'Text' yg ada di menu bar lalu pilih 'Insert Character' 


Kemudian pilih font 'Wingdings 2' di sebelah kanan dekat warna warna


lalu cari dan pilih icon yg ditandai di bawah ( DOUBLE KLIK ).


lalu hubungkan kedua icon tsb ( GROUP OBJECT /CTRL+ G ) dan beri warna ( Lihat panduan di gambar bawah) / klik kiri pada warna 30% Black dan klik kanan pada warna 90% Black.


17. Copy menjadi dua dan simpan di posisi seperti gambar di bawah.


Beres dah hhe..



Semoga Bermanfaat buat temen-temen semuanya ya dan semoga lancar di test nya :) Aamiin.










0 komentar:

Posting Komentar